8/28/2017

Sejarah Universitas Pertamina

Berdirinya Universitas Pertamina

Sejarah Universitas Pertamina (UP) bermula saat didirikan berdasarkan SK (Surat Keputusan) yang diturunkan dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (MENRISTEKDIKTI) No. 60/KPT/I/2016 yang telah terbit pada tanggal 1 Februari 2016 mengenai perizinan didirikannya Universitas Pertamina. Adapun peresmian Perguruan Tinggi ini disahkan pada tanggal 11 Februari 2016 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidkan Tinggi (MENRISTEKDIKTI) beserta Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) yang didukung pula oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sejarah Universitas Pertamina
Sejarah Universitas Pertamina 


Berdirinya universitas milik BUMN ini diwujudkan sebagai kontribusi dari PT. Pertamina (Persero) bagi seluruh masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu tinggi dan berstandar Internasional. UP didirikan diharapkan mampu menjadi perguruan tinggi berkelas dunia terutama pada bidang bisnis serta teknologi energi.

Universitas Pertamina dikelola oleh Yayasan Pertamina atau Pertamina Foundation yang dibentuk langsung oleh Pertamina. Pertamina Foundation ialah yayasan yang telah berkecimpung dalam pendanaan dengan biaya yang lebih besar dari Rp 300 miliar untuk berbagai kegiatan berorientasi pendidikan serta lingkungan semenjak tahun 2012. Pertamina Foundation turut andil dalam beberapa program, seperti : hibah penelitian dan anugerah riset, implementasi Education for Sustainable Development (Sekolah Sobat Bumi),  beasiswa, restorasi lingkungan, serta relawan tenaga pendidikan.

Adapun di tahun 2015 lalu, pihak Pertamina Foundation lebih meningkatkan fokus pada seluruh aspek pendidikan. Seperti, memperluas cakupan wilayah kerja serta pendanaan program. Contoh lain yaitu, membangun sistem manajemen program berbasis teknologi informasi serta merintis pendirian Universitas Pertamina.

Kelebihan Universitas Pertamina

Hingga saat ini, Universitas Pertamina dikenal dengan Perguruan Tinggi yang banyak memiliki kelebihan. Ingin tau lebih jelas mengenai kelebihan kelebihan Universitas Pertamina ? Silahkan cek di artikel 2 Alasan Mengapa Kamu Harus Kuliah di Universitas Pertamina
comments

Tidak ada komentar: